Minggu, 03 Mei 2009

Dodol Rumput Laut



1. PENDAHULUAN
Dodol merupakan makanan tradisional yang dibuat dari tepung ketan, gula pasir, santan kelapa dan bahan-bahan tambahan lain seperti buah-buahan untuk meningkatkan cita rasa. Dodol rumput laut merupakan salah satu bentuk difersifikasi produk pengolahan rumput laut. Dodol rumput laut dibuat dengan menambahkan rumput laut guna meningkatkan nilai guna dari rumput laut. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan karena dapat memepengaruhi kualitas dodol adalah komposisi bahan bakunya. Oleh karena itu, perlu diketahui proporsi tepung ketan dan rumput laut yang optimum agar dihasilkan dodol rumpul laut dengan kualitas yang baik (Rukhanah, 2005).
Pembuatan dodol seaweed melalui dua proses, yaitu proses pencucian dan perendaman. Sebelum direndam, rumput laut dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada rumput laut. Setelah itu, rumput laut kering direndam dalam air tawar sebanyak 18 kali berat rumput laut (sampai rumput laut terendam semua dalam air) dan setiap satu hari sekali air tawar tersebut diganti. Penambahan air saat perendaman menjadi dua kali lipat perlu dilakukan karena terjadi pengembangan volume akibat rumput laut kering tersebut menyerap air. Perendaman dilakukan dua atau tiga hari sampai tekstur rumput laut menjadi agak lunak, tidak berbau dan berwarna putih. Perendaman kedua dilakukan dengan air tawar atau kapur sirih 1 % selain untuk menghilangkan bau amis, perendaman dimaksudkan agar rumput laut lebih aseptis dan memiliki tekstur lebih mantap. Setelah satu jam, kemudian rumput laut tersebut dicuci sampai bersih (Pusat Riset Pengolahan dan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 2004).

2. Alat dan bahan

Alat
Timbangan
Kompor
Baskom
Blender
Nampan kecil
Wajan
Sutil

Bahan
Rumput laut (Eucheuma cottonii) 1kg
Gula pasir (800 gr)
Tepung ketan (200 gr)
Santan kelapa
Garam
Essence
Vanili
Tepung terigu

3. Cara Membuat
Bahan baku utama yang dipersiapkan dalam pembuatan dodol seaweed adalah rumput laut jenis Eucheuma cottonii. Kelebihan dari Eucheuma cottonii adalah kandungan kappa karagenan. Kappa karagenan mempunyai amilopektin yang lebih besar dibanding Eucheuma spinosum. Eucheuma cottoni mempunyai daya ikat yang lebih kuat. Sehingga rumput laut jenis ini sangat cocok untuk pembuatan dodol seaweed.
Langkah pertama dalam pembuatan dodol seaweed adalah merendam rumput laut kering kedalam larutan kapur (CaO) selama sehari semalam dengan pergantian air selama tiga kali. Larutan CaO ini berrfungsi untuk memucatkan dan membersihkan rumpur laut.
Selanjutnya rumput laut dihaluskan dengan menggunakan blender hingga terbentuk pasta rumput laut. Lalu dididihkan tepung ketan dengan santan di atas kompor. Tepung ketan ini berfungsi sebagai pengikat dan membentuk tekstur plastis. Setelah mendidih, masukkan pasta rumput laut pada adaonan tepug ketan tadi sambil diaduk hingga kalis (2 jam). Sambil diaduk, tambahkan gula, garam dan essence. Gula ini berfungsi sebagai bahan pemanis, sedangkan garam berfungsi penambah cita rasa dan essence berfungsi sebagai pemberi aroma dan rasa.
Lalu dituangkan adonan yang telah matang tadi ke dalam nampam kecil yang dilapisi plastik. Setelah itu didinginkan selama 1 jam dan keringkan. Potong sesuai dengan selera dan dodol siap dihidangkan.


DAFTAR PUSTAKA
Pusat Riset Pengolahan dan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 2004. Teknologi Pemanfaatan Rumput Laut. Pusat Riset Pengolahan dan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Rukhanah, W., 2005. Pengaruh Variasi Proporsi Tepung Ketan dan Potongan 0,5 cm Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Terhadap Kualitas (Kadar Air, Aw, Tekstur, Angka Peroksida, TPC, Organoleptik Scoring (Rasa, Ketengikan dan Penampakan) Serta Daya Simpan) Dodol Rumput Laut. Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya. Malang
Winarso, H., 2004. Pengaruh Variasi Penambahan Bentuk Rumput Laut dan Lama Pengeringan Terahadap Kandungan Iodium dan Serat. Kasar Dalam Dodol Rumput Laut (Eucheuma cottoni). Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya. Malang













1 komentar:

  1. maaf...saya resty..saya boleh minta referensi ttg dodol rumput laut di atas?sekarang saya sedang buat kerja praktek, butuh tambahan referensi...trm ksh

    BalasHapus