Minggu, 03 Mei 2009

Mie Hitam Rumput Laut


1. Pendahuluan

Mie adalah makanan favorit nasyarakat Indonesia. Produk mie yang sedang berkembang adalah mie hitam yaitu mie yang disuntik tinta cumi sehingga menambah daya tarik konsumen selain menambah nilai gizinya. Agar semakin 'memperkaya' kandungan gizinya, mie ini difortifikasi dengan rumput laut yang dapat berperan sebagi serat pangan/dietary fiber.

2. Alat dan Bahan

Alat – alat yang akan digunakan antara lain: talenan, pisau, baskom, namapan, saringan, gilingan mie, penggorengan, kompor, panci, oven, sendok, blender, dan sutil
Bahan – bahan yang digunakan antara lain: rumput laut Eucheuma cottonii, cumi – cumi, tepung kanji, tepung sagu, air khi, dan telur. Bahan tambahan yang digunakan: bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri, wortel, mentimun, garam, kecap, minyak goreng, dan penyedap rasa

3. Cara Membuat

Langkah petama dalam pembuatan “Mie Hitam Rumput Laut” adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Alat – alat yang akan digunakan antara lain: talenan, pisau, baskom, namapan, saringan, gilingan mie, penggorengan, kompor, panci, oven, sendok, blender, dan sutil. Sedangkan bahan – bahan yang digunakan antara lain: rumput laut Eucheuma cottonii, cumi – cumi, tepung kanji, tepung sagu, air khi, dan telur. Bahan tambahan yang digunakan: bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri, wortel, mentimun, garam, kecap, minyak goreng, dan penyedap rasa. Bahan – bahan tersebut berfungsi untuk menguatkan rasa mie dan menarik minat panelis melalui penampilannya.
Cumi – cumi diambil tintanya kemudian disisihkan. Tepung terigu, tepung kanji, dan telur diuleni menjadi adonan. Kemudian rumput laut yang sudah disiapkan diblender hingga halus dan dimasukkan ke dalam adonan. Tujuan penghalusan adalah agar tekstur rumput laut tidak merusak tekstur dari mie yang akan dibuat. Penambahan rumput laut dimaksudkan untuk menambah gizi dari mie. Rumput laut mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, sedikit protein, dan vitamin. Menurut Mubarak (1981), karena karbohidrat dari rumput laut ini sukar diuraikan oleh enzim pencernaan manusia, maka sebagian besar dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam industri makanan, obat – obatan, dan kosmetika. Untuk ketiga jenis industri tersebut yang penting adalah Eucheuma, karena mengandung karaginan yang berguna sebagai stabilizing, gelating, dan thickening agent. Selain itu, rumput laut juga berfungsi sebagai penambah serat dan iodine. Eucheuma cottonii digunakan karena merupakan rumput laut yang paling sering digunakan serta cara mendapatkannya mudah dan biayanya murah.
Tinta cumi – cumi yang sudah siap kemudian dimasukkan ke dalam adonan sebagai pengganti air. Penggunaan tinta cumi dimaksudkan untuk menambah daya tarik mie dan mempengaruhi sensory dari panelis. Tinta cumi hanya berfungsi sebagai bahan tambahan makanan yaitu pewarna. Sebanyak 2 sendok makan air khi kemudian dimasukkan ke dalam adonan. Penambahan air khi dimaksudkan untuk menambah kekenyalan mie dan agar mie tidak mudah putus. Adonan yang sudah tercampur diuleni hingga benar – benar kalis kemudian dibagi menjadi 6 adonan agar mudah dalam penggilingan. Adonan yang sudah dibagi dimasukkan satu persatu ke dalam penggilingan dan dibentuk menjadi mie halus. Mie yang terbentuk direbus sebentar dalam air mendidih (± 7 menit) dan mie siap dimasak atau diolah sesuai selera. Mie hitam bisa digoreng, direbus, ataupun dikeringkan dalam oven untuk memperpanjang masa simpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar